Konten dihapus Konten ditambahkan
Bennylin (marit | peuneugöt)
Bennylin (marit | peuneugöt)
Baréh 163:
:::Salam. Terima kasih untuk responsnya yang cukup cepat. Saya ingat dulu ketika WBI masih "kecil" (hanya ribuan artikel, bandingkan WBA 2.500-an artikel), salah satu polarisasi yang muncul adalah antara kubu "deletionisme" dan "inklusionisme" (sekarang keduanya sudah tidak jelas lagi batasannya di Wikipedia besar, tapi masih cukup relevan untuk Wikipedia kecil). Artinya, kubu "deletionis" adalah kaum puris yang standar kelayakannya cukup tinggi, kalau tidak memenuhi standar yang tinggi, artikel akan dihapus, sementara di pihak satunya, mementingkan pertumbuhan Wikipedianya, jadi asalkan subjeknya layak dibahas, maka diperbolehkan eksis (tidak dihapus). Nah, kalau standar di WBA bahasa Aceh benar-benar diterapkan, maka kita harus mulai menghapus ratusan artikel (setiap 100 artikel = sekitar 4% isi ensiklopedia ini), tidak hanya biografi saja, tapi juga geografi, dimulai dari [[Istimewa:Halaman pendek]]. Tentu itu tidak diinginkan semua pihak, jadi harus dicari jalan lain. Saya menganjurkan, demi pertumbuhan Wikipedia ini juga, halaman-halaman pendek tidak perlu dihapus. Syaratnya cukup sederhana, selama ada interwiki (bisa dibatasi lebih sempit lagi, selama ada interwiki ke WBI), maka bisa dianggap layak (bisa diberi tag kembangkan, tapi tanpa batasan waktu). Apabila ada pengguna yang menulis artikel pendek secara masal, perlu diingatkan bahwa di Wikipedia ini pun ada standar, tapi jangan sampai memberatkan. Dulu di WBI standar minimal sebuah stub adalah ''3 kalimat, ada templat stub, ada interwiki, dan dikategorikan minimal 1 kategori, infobox opsional''. (Interwiki sekarang sudah disentralisasi lewat Wikidata). Sementara itu, di awal-awal WBI, pengurus tidak hanya bertugas untuk menghapus (membersihkan) artikel yang tidak layak, tapi juga "menyelamatkan" artikel-artikel pendek yang akan dihapus. Itu seharusnya yang jadi perhatian dari para "pengurus" (orang yang mengurusi, vs. "penghapus"), karena tujuan dari mengurus suatu proyek adalah membesarkan proyek itu, bukan?
:::Mengenai pembuatan artikel secara masal maupun penghapusan secara masal, memang harus dilihat kasus per kasus. Dalam kasus pembuatan artikel masal dengan robot (seperti di Wikipedia bahasa Minangkabau - WBN), baik artikel spesies, artikel sekolah, artikel kelurahan, dll. saya sangat menolak, karena bukan seperti itu caranya mengembangkan sebuah ensiklopedia (dengan membanjiri artikel2 yang tidak berhubungan dengan penutur bahasa tersebut). Saya setuju jika pembuatan artikel semacam itu dihentikan, artikel2-nya dihapus, dan penggunanya dilarang untuk melakukan hal yang serupa di masa depan. Dari pengamatan saya, Chicago_101 tidak melakukan itu, dan tidak menge-spam Wikipedia ini (ada beberapa definisi spam, a.l. spam pranala luar - tidak, spam promosi/iklan - tidak, spam hal-hal yang tidak berguna - tidak juga), dia melakukannya manual, dengan Jadi pertama harus dikomunikasikan baik-baik dengan penggunanya (siapa pun juga, baik pengguna terdaftar maupun anonim), komunikasi bisa lewat halaman pembicaraan, atau, kalau cara saya, adalah dengan memberi contoh: Begini lho standar minimal artikel di Wikipedia bahasa Aceh ini (dengan disertai difflink). Secara umum, penghapusan harus didasarkan atas "konten artikel", bukan "kontributor artikel" (termasuk kontributor anon). Apabila memang ditemukan indikasi bahwa sang kontributor bermasalah, maka harus diproses terlebih dahulu ''kontributornya'' (a.l. dijelaskan kesalahannya di mana, atau untuk kasus yang sudah jelas merupakan pelanggaran, dapat langsung diblokir), baru artikel-artikelnya diproses (dihapus, disunting, dlsb.) Apa pun itu, setiap tindakan kepengurusan adalah suatu tindakan publik (direkam di [[Istimewa:Log]], yang dapat dilihat oleh siapa pun, dus dapat dipertanyakan siapa pun), sehingga seorang pengurus harus dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan itu. Jadi, kalau boleh saya sarankan, yang perlu dilengkapi/didiskusikan lebih dulu adalah kebijakan-kebijakan di WBA ini, yang menjadi landasan tindakan-tindakan kepengurusan, sehingga setiap tindakan dapat dirujuk pada suatu kebijakan lokal yang mengikat. ([[MediaWiki:Deletereason-dropdown]] dapat mencontoh di id.wp, misalnya)
::::Beberapa kebijakan yang dapat dipertimbangkan untuk diadaptasi/didiskusikan di sini:
::::*[[:id:Wikipedia:Kebijakan penghapusan]]
::::*[[:id:Wikipedia:Kelayakan artikel]]
::::*[[:id:Wikipedia:Asumsikan niat baik]]
::::*[[:id:Wikipedia:Panjang artikel]]
::::*(Opsional) [[:id:Wikipedia:Penghapusan cepat]], khususnya kriteria Umum dan Artikel
:::Saya juga sedang merencanakan sebuah proyek sampingan, yaitu bagaimana cara membuat banyak artikel, dengan baik, standar, tersistematis, namun tidak dengan bot. Mungkin ada dari antara Anda yang tertarik untuk mencoba? Saat ini sudah ada Wikipedia bahasa Rejang yang menunggu di Incubator untuk mengaplikasikan rencana saya ini, tapi rencana ini tidak hanya terbatas untuk Wikipedia bahasa Nusantara di Incubator saja, melainkan juga Wikipedia yang sudah keluar dari Incubator (termasuk mis. Wikipedia bahasa Jawa). Kalau tertarik nanti apabila ada perkembangan akan saya berikan undangan di sini juga. [[Pengguna:Bennylin|Bennylin]] ([[Pembicaraan Pengguna:Bennylin|marit]]) 28 Buleuën Limöng 2014 06.35 (UTC)