Konten dihapus Konten ditambahkan
AliakbarX (marit | peuneugöt)
Tidak ada ringkasan suntingan
AliakbarX (marit | peuneugöt)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baréh 5:
Meumacam produk geupeuget keu bahan [[industri]] [[farmasi]], [[kosmetika]], ngon [[kimia]].
[[Berkas:Maize plant diagram.svg|jmpl|Diagram bak jagung.]]
 
JagungKhusuh merupakan [[organisme model|tanaman model]] yang menarik<ref>[http://www.maizegdb.org/ maizegdb.org]. Laman bank data publik jagung.</ref><ref>University of Arizona. [http://www.sciencedaily.com/releases/2009/11/091119144714.htm Scientists decode maize genome]. ''ScienceDaily'', 19 November 2009. Diakses 13 Mei 2014.</ref>, khususnya dilam bidang [[biologi]] danngon [[pertanian]]. Dari phon [[abad]] ke-[[20]], tanaman nyoe ka jeuet keu objek [[penelitian]] [[genetika]] nyang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi [[kultivar hibrida]] yang revolusioner. Dari sisi [[fisiologi tumbuhan|fisiologi]], tanaman ininyoe itaamong tergolonglam [[Fotosintesis#Siklus Hatch-Slack|tanaman C4]] sehingga sangat efisien memanfaatkanjicok [[sinar matahari]]. Lam kajian [[agronomi]], tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur [[hara]] penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi [[pemupukan]] yang disukai<ref>[http://aesl.ces.uga.edu/DiagnosticsII/Symptoms_/Corn/Images-Corn/images-corn.html Nutrient deficiency in corn]. Laman perbandingan gejala fisik kekurangan hara pada jagung, sebagai pedoman bagi tanaman serealia lain.</ref><ref>[http://www.tankonyvtar.hu/en/tartalom/tamop425/0010_1A_Book_angol_02_tapanyaggazdalkodas/ch02s03.html Nutrient management]. Menggambarkkan gejala defisiensi dan keracunan (toksisitas) mineral pada jagung sebagai contoh.</ref>.
 
 
Baris 21 ⟶ 22:
Kedatangan orang-orang Eropa sejak akhir abad ke-15 membawa serta jenis-jenis jagung ke [[Dunia Lama]], baik ke [[Eropa]] maupun [[Asia]]. Penyebaran jagung ke Asia dipercepat dengan terbukanya jalur barat yang dipelopori oleh armada pimpinan [[Ferdinand Magellan]] melintasi [[Samudera Pasifik]]. Di tempat-tempat baru ini jagung relatif mudah beradaptasi karena tanaman ini memiliki [[plastisitas fenotipe]] yang tinggi.
 
Jagung sudahitamong masuku [[Nusantara]] sebelumsigohlom bangsa Eropa mulaijipuphon berlayarmeulayeue keban seluruhsigom duniadonya. Di Jawa, istilah jagungka sudah adana dari masa [[kerajaankeurajeun Kadiri]] praseugohlom-[[Majapahit]] atauatawa mungkinmungken sebelumsigohlom itunyan (sebelumsigohlom abad ke-11).<ref name=":0">{{Cite web|url=https://www.nusantarareview.com/jagung-telah-ada-di-era-majapahit.html|title=Jagung Telah Ada Di Era Majapahit – Nusantara Review|website=www.nusantarareview.com|access-date=2020-04-30}}</ref> Akibatsabab riwayat yangnyang cukupjameun tuathat ininyoe, berbagai macam namajibohh dipakainan untukkeu menyebutnyatanaman nyoe. KataNarit "jagungjagong" menurutmenurot [[Denys Lombard]] merupakan penyingkatangeupeupaneuk dari ''jawa agung'', berartimeumakna "jewawut besarrayek"<ref name="dlombard">Lombard, D. 1996. ''Jaringan Asia''. Penerbit Gramedia. p. 263.</ref>, nama yang digunakan [[bahasa Jawa|orang Jawa]] dan diadopsi ke dalam [[bahasa Melayu]]. Namun, kata "''agung''" tidak ada dalam bahasa Jawa kuna, sehingga pendapat ini keliru. Disebutkan dalam Parthayajña 12.5 bahwa jewawut dengan jagung adalah tanaman yang berbeda.<ref name=":0" /> Beberapa nama lokal adalah ''jagong'' (Sunda, Aceh, Batak, Ambon), ''jago'' (Bima), ''jhaghung'' ([[bahasa Madura|Madura]]), ''rigi'' (Nias), ''eyako'' (Enggano), ''wataru'' (Sumba), ''latung'' (Flores), ''fata'' (Solor), ''pena'' (Timor), ''gandung'' (Toraja), ''kastela'' (Halmahera), ''telo'' (Tidore), ''binthe'' atau ''binde'' ([[bahasa Gorontalo|Gorontalo]] dan Buol), dan ''barelle´'' ([[bahasa Bugis|Bugis]])<ref>[http://bebas.vlsm.org/v12/artikel/ttg_tanaman_obat/depkes/buku1/1-295.pdf Zea mays L.]. Laman tanaman obat Departemen Kesehatan</ref>. Di kawasan timur Indonesia juga dipakai luas istilah ''milu''<ref>[http://masbudhi.com/milu-siram-yang-menggoda-selera/ Sop jagung “Milu siram” yang menggoda selera]. Blog untuk Sup Jagung Siram.</ref>, yang nyata-nyata merupakan adaptasi dari kata ''milho'', berarti "jagung", dalam [[bahasa Portugis]].
 
== Botani ==